Jumat, 07 Maret 2014

APA ITU SISTEM TERDISTRIBUSI


Penjelasan :
Sebelum menjelaskan tentang definisi dari sistem terdistribusi, saya akan menjelaskan lagi tentang apa itu sistem. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu.
Sedangkan definisi dari sistem terdistribusi adalah sebuah sistem dimana komponen software atau hardware-nya terletak di dalam jaringan komputer dan saling berkomunikasi menggunakan message passing (Message passing adalah sebuah teknik untuk melakukan sinkronisasi dan komunikasi antara proses-proses yang saling berinteraksi). Ada juga yang mengatakan Sistem Terdistribusi adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer. Komponen-komponen tersebut saling berinteraksi dan berkomunikasi hanya dengan melalui pengiriman pesan


Karakteristik Sistem Terdistribusi:
Yang dimaksud dengan concurrency (sistem atau program yang berjalan bersama-sama) disini adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh sistem terdistribusi dimana sifatnya setiap komputer/aplikasi dapat melakukan pekerjaan masing-masing tanpa terjadi konflik diantaranya. Hal yang wajar apabila proses eksekusi program harus berjalan secara konkuren. Melakukan koordinasi konkurensi terkadang diperlukan juga untuk mengatur layanan seperti file sharing.  Contoh: Beberapa pemakai browser mengakses halaman web secara bersamaan.


 No Global Clock (Tidak ada / Keterbatasan Global Clock)
Dalam setiap Clock di dalam komputer memiliki pendistribusian yang berbeda-beda, hal ini menyebabkan kesulitan dalam mensinkronkan waktu seluruh komputer/perangkat yang terlibat. agar tidak terjadi konflik maka diperlukan sinkronisasi dan koordinasi clock antar komputer. Saat program membutuhkan koordinasi antar komputer, dilakukan juga proses pertukaran pesan antar komputer. 

 Independent Failures of Component (Kegagalan Independent)
Komputer/sistem dapat mengalami kegagalan atau kerusakan. Akan sangat merepotkan apabila kerusakan pada 1 komputer atau 1 sistem akan mempengaruhi semua komputer/sistem. Oleh karena itu apabila terdapat komponen yang rusak atau gagal, kerusakan tidak meyebar ke komponen lainnya. Hal ini juga menyebabkan adanya kegagalan proses tunggal yang bisa tidak diketahui.
 


Permasalahan dari Sistem terdistribusi yaitu:

1.      Kompleksitas. Sistem terdistribusi bersifat lebih kompleks daripada system sentral. 

2.      Keamanan. Sistem terdistribusi dapat diakses dari beberapa komputer dan jalur jaringan   mudah disadap, sehingga keamanan jaringan system terdistribusi menjadi masalah yang besar. 

3.      Kemampuan untuk dikendalikan. Computer yang terdapat di system terdistribusi bisa terdiri dari berbagai tipe yang berbeda dan mungkin dijalankan pada sistem operasi yang berbeda pula. Kesalahan pada satu mesin bisa berakibat pada yang lainnya. Sehingga harus banyak usaha untuk mengendalikannya. 

4.      Tidak dapat diramalkan. System terdistribusi tidak dapat diramalkan tanggapannya. Tanggapannya tergantung beban total system, pengorganisasian, dan beban jaringannya. 

5.      Kesulitan dalam membangun perangkat lunak .Kesulitan yang akan dihadapi antaralain:bahasa pemrogramman yang harus dipakai, sistem operasi dll. 

6.      Masalah Jaringan Karena sistem terdistribusi di implementasikan dalam jaringan kom-puter, maka isu2 yang berkaitan dengan jaringan komputer akan men- jadi pertimbangan utama dalam merancang dan mengimplementasikan sistem.
 

Adapun masalah lain dengan sistem terdistribusi yang dapat dimunculkan antara lain berkaitan dengan :
  • Software – bagaimana merancang dan mengatur software dalam Distribusi Sistem
  • Ketergantungan pada infrastruktur jaringan
  • Kemudahan akses ke data yang di share, memunculkan masalah keamanan
Contoh Sistem Terdistribusi :
  • Internet.
  • Mobile Computing.
  • Sistem Otomasi Bank.
  • Deteksi Roaming Pada Telepon Seluler.
  • GPS (Global Positioning System).
  • Retail Point-of-Sale Terminals.

reverensi:
http://kweedhbuzz.blogspot.com/2013/03/karakteristik-sistem-terdistribusi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar